Top Ad unit 728 × 90

Ujilah Orang yang Pintar Narasinya


Umar bin Khaththab ra khawatir terhadap Ahnaf bin Qais ra karena Ahnaf berbicara diplomatis dan narasinya mengagumkan. Umar menyuruhnya menetap di Madinah selama setahun untuk mengawasinya (mentaqwimnya), kemudian Umar berkata kepadanya: 

"Hai Ahnaf, aku telah mengujimu dan aku tidak melihat pada dirimu selain kebaikan. Aku melihat sisi luarmu baik, dan aku berharap sisi hatimu seperti sisi luarmu. Sesungguhnya kami berkata : yang merusak ummat ini adalah setiap orang munafik yang pandai".

Umar bin Khaththab ra menulis surat kepada Abu Musa al-Asy'ari: Amma ba'du, dekatilah Ahnaf bin Qais, ajaklah ia musyawarah dan dengarlah pendapatnya. (Thabaqatu Ibni Sa'd, jilid 7, hlm.94). 

Betapa banyak dakwah pada hari ini dipenuhi oleh orang-orang yang harus diuji oleh para pemimpin dakwah (qiyadah) dan betapa besar kebutuhan para da'i terhadap pemimpin semacam Umar bin Khaththab ra.

Pemuka Tabi'in Hasan al Bashri mengatakan: "Ujilah manusia dengan amal mereka dan tinggalkanlah ucapan mereka (jangan hanya percaya narasinya). Sesungguhnya Allah tidak membiarkan suatu ucapan kecuali Dia pasti menjadikan bukti untuknya berupa amal yg membenarkannya atau mendustakannya. Apabila kamu mendengar ucapan yang baik, maka jangan terburu menilai orang yang mengatakannya. Apabila amalnya sesuai dengan ucapannya, maka bersaudaralah dengannya dan cintailah dia. Dan apabila ucapannya bertentangan dengan amalnya, maka apa yg membuatmu ragu mengenainya, atau apa yg menghalangimu terhadapnya ? Jangan sekali-kali ia mengelabuimu."
(Az-Zuhd,Ibnul Mubarak,hlm.26). 

Itulah pesan di masa lalu, tetapi hati lalai. Syahwat untuk cepat sampai atau syahwat untuk memperbanyak pendukung membuat lalai dan mengakibatkan kita melewatkan ilmu yg kita warisi. 

Wallahu a'lam bishshawwab. 
Wiwi Wirianingsih
--
Dinukil dari buku 'Al-Munthalaq' (Titik Tolak) Muhammad Ahmad ar-Rasyid
Ujilah Orang yang Pintar Narasinya Reviewed by fath on 4:12 PM Rating: 5

No comments:

Copyright © 2018. Blog PKS. All Rights Reserved
Blog ini dikelola oleh Relawan Literasi - Humas PKS

.

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.