Top Ad unit 728 × 90

8 Fakta tentang PKS


oleh Humas PKS Jawa Timur

1. Partai Islam, dekat dengan ulama’ dan Kyai

PKS adalah satu-satunya Partai yang mulai berdirinya tahun 1998 (saat itu bernama Partai Keadilan) hingga saat ini, tidakpernah mengganti azas partai sebagai partai berazas Islam.

PKS menyambung perjuangan partai-partai Islam di era kemerdekaan dalam mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur, negeri yang subur makmur penuh barakah dan ridha Allah SWT.



2. Sigap Bencana

Melalui Pusat Khidmat, PKS menerjunkan relawan-relawannya dalam setiap bencana di seluruh Indonesia. Bersama elemen lain, PKS bahu membahu meringankan korban bencana banjir, longsor, kebakaran, tsunami, gunung meletus, gempa bumi, dan juga bencana kelaparan.



3. Peduli Kebutuhan Sembako 

Melalui Rumah Keluarga Indonesia (RKI), PKS membagikan sembako gratis bagi mereka yang membutuhkan. Kegiatan ini dinamakan Jum’at Berkah karena dilakukan setiap hari Jum’at.

RKI PKS juga membagikan kupon sembako murah bagi warga tidak mampu yang dapat ditukarkan di warung Mitra RKI terdekat. Pusat Khidmat PKS juga secara berkala mengadakan pembagian sembako di daerah minus dan bencana.



4. Komitmen anti korupsi

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M. Syarif menilai Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memiliki rekam jejak yang baik. Terutama dalam hal sistem kaderisasi, sumber keuangan dan manajemen keuangan partai politik. 

“Salah satu sistem kaderisasi partai politik yang paling bagus adalah PKS dibandingkan dengan partai partai yang lain. Ini dari studi yang saya tahu di KPK dan ketika saya masih di LIPI,” kata Laode, Rabu (20/9/2017).



5. Mengutamakan Ketahanan Keluarga 

PKS sangat konsern dengan pengarus utamaan keluarga. Melalui Rumah Keluarga Indonesia (RKI), PKS melakukan berbagai program untuk membentuk dan menjaga keharmonisan keluarga. Antara lain Sekolah Pranikah, Konsultasi dan Pendampingan problem keluarga, Pos Ekonomi Keluarga, Parenting Training, Taman Baca, Sekolah Ibu, dan lainnya. 

Melalui Fraksi PKS juga telah diperjuangan Perundangan yang mengatur perlindungan anak, pengarusutamaan keluarga, kawasan ramah anak, pendidikan anak usia dini, antipornografi, dan beberapa perundangan lainnya.



6. Transparan Informasi Publik

Pada 21 Desember 2017, PKS memperoleh penghargaan dari Komisi Informasi Pusat sebagai Partai yang berkomitmen tinggi terhadap keterbukaan informasi publik selama lima tahun berturut-turut. Semua informasi tentang PKS dapat diakses di website www.pks.id maupun kanal media sosial resmi PKS. 

Juga terdapat petugas yang melayani publik dalam memperoleh informasi. Penghargaan tersebut diserahkan di Istana Wakil Presiden Jakarta.





7. Partai dengan Laporan Keuangan Terbaik

Indonesia Corruption Watch (ICW) melakukan kajian dan analisis terhadap laporan keuangan sembilan partai politik peserta pemilu 2014 berdasarkan indeks transparansi. Hasilnya, PKS berada pada posisi terbaik.

Peneliti ICW, Abdullah Dahlan mengatakan, partai yang paling bagus tata kekola maupun transparansinya adalah PKS. ICW mencatat partai itu bagus dalam hal laporan konsolidasi dengan memuat sumber-sumber pendanaan baik dari APBN/APBD, maupun dari anggota partai.
“Temuan kami hanya PKS yang melakukan itu. Harus diakui PKS lebih baik...” kata peneliti ICW lainnya, Donald Fariz.




8. Selalu Bersama Anak Muda

PKS sejak awal didirikan oleh anak-anak muda lulusan dalam dan luar negeri, para pelaku Reformasi ‘98. Karena itu anak muda selalu bersama PKS mengawal jalannya enam visi reformasi. 

Garuda Keadilan dan Gema Keadilan adalah 2 sayap organisasi anak muda PKS. Sejak setahun lalu (2017), seluruh unsur anak muda PKS bergabung ke dalam PKS Muda, sebuah platform gerakan untuk melakukan pemberdayaan anak muda agar berkontribusi kepada bangsa dan negara




8 Fakta tentang PKS Reviewed by fath on 9:09 PM Rating: 5

No comments:

Copyright © 2018. Blog PKS. All Rights Reserved
Blog ini dikelola oleh Relawan Literasi - Humas PKS

.

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.