Doa Keselamatan dalam Surat Al-Baqarah


(Bagian 1)

Al-Quran sebagai Kalam Allah, juga merupakan bacaan yang banyak mengandung kebaikan, termasuk di dalamnya doa keselamatan. Diantaranya, doa memohon perlindungan yang kita lebih kenali adalah doa ayat kursi, namun ternyata tak hanya ayat kursi saja ayat dalam Surat Al-Baqarah yang merupakan doa keselamatan dan memohon perlindungan. Berikut petikan doa dalam ayat Quran Surat Al-Baqarah yang juga diajarkan Rasulullah sebagai penjagaan Allah untuk kita.

Simak hadist berikut ini,
Diriwayatkan oleh Ath-Thabrani dalam kitab Al-Kabir dan Al-Hakim dalam Shahih-nya dari Ibnu Mas’ud ra., Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa membaca sepuluh ayat; empat ayat dari awal surat Al-Baqarah, ayat kursi dan dua ayat sesudahnya serta ayat-ayat terakhir dari Al-Baqarah tersebut, maka rumahnya tidak akan dimasuki oleh setan sampai pagi.”

Pertama,
QS. Al-Baqarah  ayat 1-5

الم - ذَلِكَ الْكِتَابُ لا رَيْبَ فِيهِ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ - الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْكَ وَمَا أُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ وَبِالآخِرَةِ هُمْ يُوقِنُونَ - أُولَئِكَ عَلَى هُدًى مِنْ رَبِّهِمْ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ   
Latin:
Alif laaam miiim. Dzalikal kitabula roiba fiih, hudal lil muttaqiin. Alladziina yu’ minuna bil ghoibi wa yuqimuunash sholata wa mimmaa rozaqnaahum yunfiquun. Waladzii na yu’ minuna bimaa unzila ilaika wa maa unzila min qoblika wabil akhiroti hum yuu qinuun. Ulaaaika ‘ala hudam min robbihim, wa ulaaaika humul muflihuun.

Artinya :
1.     Alif Laam Miim.
2.     Kitab (Al Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,
3.   (yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, yang mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka,
4.   dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al Qur'an) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat.
5.  Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang yang beruntung.

Bersambung..

Posting Komentar

0 Komentar