Top Ad unit 728 × 90

Doa Pernikahan



Sebagai manusia yang merupakan makhluk sosial dan makhluk yang diciptakan berpasang-pasangan oleh Allah, kita pastinya akan bersinggung dengan perihal satu ini, yaitu pernikahan. Baik itu sebagai pihak yang diundang sebagai keluarga atau kerabat mempelai, maupun diri kita pribadi yang akan menjalani pernikahan.

Islam yang begitu sempurna ini mengatur seluruh aspek hidup muslim sebagai pemeluknya. Salah satu ajarannya adalah membiasakan berdoa dalam melakukan suatu kegiatan, termasuk juga kegiatan yang berkaitan dengan pernikahan.

Berikut ini doa-doa yang perlu diketahui dan dihafal oleh kita berkaitan dengan pernikahan.
1. Doa yang diucapkan oleh pihak tamu undangan yang ditujukan untuk sang pengantin,

Pada kondisi ini, kebanyakan doa yang diucapkan adalah, “Semoga menjadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rohmah.” Tak ada larangan memilih kata-kata pribadi dalam berdoa, namun kita pahm bahwa sebaik-baik doa adalah yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Untuk situasi menghadiri pernikahan, kita diajarkan doa berikut ini,
بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Artinya :
“Semoga Allah memberkahimu dan memberkahi pernikahanmu serta mepersatukan kalian berdua dalam kebaikan.”
[Berdasarkan Hadist dari Abu Hurairah r.a. yang diriwayatkan oleh Abu Dawud]

Doa ini pun juga telah dimahsyurkan sebagai nyanyian oleh Maher Zein berjudul “Baraka Allah Lakuma”, lagu terkait mendoakan para pengantin baru.

2. Doa saat mempelai pria dan wanita bertemu pertama kali setelah akad,

Pengantin pria hendaknya meletakkan tangannya pada ubun-ubun isterinya seraya mendo’akan baginya. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا تَزَوَّجَ أَحَدُكُمْ امْرَأَةً أَوِ اشْتَرَى خَادِمًا فَلْيَأْخُذْ بِنَاصِيَتِهَا (وَلْيُسَمِّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ) وَلْيَدْعُ لَهُ بِالْبَرَكَةِ، وَلْيَقُلْ: اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

“Apabila salah seorang dari kamu menikahi wanita atau membeli seorang budak maka peganglah ubun-ubunnya lalu bacalah ‘basmalah’ serta do’akanlah dengan do’a berkah seraya mengucapkan: ‘Ya Allah, aku memohon kebaikannya dan kebaikan tabiatnya yang ia bawa. Dan aku berlindung dari kejelekannya dan kejelekan tabiat yang ia bawa.’”

[Hadits shahih: Diriwayatkan oleh Abu Dawud (no. 2160), Ibnu Majah (no. 1918), al-Hakim (II/185) dan ia menshahihkannya, juga al-Baihaqi (VII/148), dari ‘Abdullah bin ‘Amr radhiyallaahu ‘anhuma. Lihat Adabuz Zifaf (hal. 92-93)]


3. Doa yang diucapkan setelah akad oleh mempelai laki-laki seusai Shalat Sunnah dua rakaat bersama istrinya,

Doa ini dibacakan oleh sang suami kepada istrinya setelah akad nikah, tepatnya setelah sholat sunnah dua rakaat bersama-sama. Berikut ini doa yang dimaksud,

اَللَّهُمَّ اجْمَعْ بَيْنَنَا مَا جَمَعْتَ إِلَى خَيْرٍ،, اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَهْلِيْ، وَبَارِكْ لَهُمْ فِيَّ
وَفَرِّقْ بَيْنَنَا إِذَا فَرَّقْتَ إِلَى خَيْرٍ اَللَّهُمَّ ارْزُقْنِي مِنْهُمْ، وَارْزُقْهُمْ مِنِّي،

Artinya :
“Ya Allah, berikanlah keberkahan kepadaku dan kepada istriku, serta berkahilah mereka dengan sebab aku. Ya Allah, berikanlah rezeki kepadaku lantaran mereka, dan berikanlah rezeki kepada mereka lantaran aku. Ya Allah, satukanlah antara kami (berdua) dalam kebaikan dan pisahkanlah kami (berdua) dalam kebaikan.”
[Hadist ini diriwayatkan oleh Abu Bakar bin Abi Syaibah dan diriwayatkan juga oleh Abdurrazzaq dengan sanad Shahih]

Fatimah



Doa Pernikahan Reviewed by Erwyn Kurniawan on 6:35 PM Rating: 5

No comments:

Copyright © 2018. Blog PKS. All Rights Reserved
Blog ini dikelola oleh Relawan Literasi - Humas PKS

.

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.