Top Ad unit 728 × 90

Oma Wice Senang Ada Posko Kesehatan Gratis Relawan Nur-Firdaus



Oma Wice, telah 84 tahun usianya. Warga RW 10 Kelurahan Durenjaya Bekasi Timur ini, Sabtu (13/4/2018) pagi, mengikuti pengobatan gratis yang digelar pengurus PKS dan Relawan pasangan Calon Walikota Bekasi Nur Supriyanto-Adhy Firdaus.

Oma Wice, nenek asal Manado Sulawesi Utara yang telah lama tinggal di Kota Bekasi ini mengaku senang dengan kegiatan-kegiatan sosial yang rutin digelar PKS.

"Saya senang ada pengobatan gratis ini. Bisa nge-cek kesehatan seluruhnya. Ada tes gula darah, asam urat," katanya.


Ketika ditanyakan sejak kapan tinggal di Bekasi, Oma Wice mengaku sudah lupa. "Udah lupa ya, kapan saya dan anak-anak pindah kesini. Udah puluhan tahun."

Kegiatan pelayanan kesehatan ini dilaksanakan di RW 02, Jalan Delima, Kelurahan Duren Jaya, Bekasi Timur. Kali ini pelayanan kesehatan yang digelar secara gratis ini fokus pada pemeriksaan kesehatan perempuan.

Dalam sambutannya, relawan kesehatan dr. Dewi Astati menyampaikan bahwa kangker mulut rahim atau yang dikenal juga dengan kanker serviks adalah salah satu kanker yang paling banyak diderita oleh para ibu. "Untuk itu kami mengajak ibu-ibu untuk bersemangat, jangan ragu dan tidak usah takut untuk melakukan pemeriksaan dini kesehatan mulut rahim  ibu,' jelasnya.

Kader PKS dan Relawan Nur-Firdaus terlihat sangat serius dalam membantu ibu-ibu warga kelurahan Durenjaya untuk pencegahan kangker serviks, keseriusan ini terlihat dengan disediakannya dua metode pengecekan, yaitu dengan pemeriksaan USG sebagai deteksi secara eksternal ditambah dengan tes IVA (Inspeksi Visual Asam asetat) yang merupakan pemeriksaan leher rahim (serviks) dengan cara melihat langsung (dengan mata telanjang) leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat 3 sampai dengan 5%.

Selain menyediakan 2 metode test, tak tanggung-tanggung, panitia pelaksana juga mendatangkan tiga orang dokter, satu diantaranya adalah dokter spesialis kandungan, sehingga hasil tes bisa segera ditindaklanjuti.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan sosialisasi salah satu program calon walikota Nur Supriyanto yaitu KBM (Kartu Bekasi Maju).

Kartu Bekasi Maju adalah langkah penyempurnaan dari Kartu Sehat, KBM disebut penyempurnaan karena tak hanya memberikan jaminan kesehatan saja kepada warga Bekasi, tapi juga memberikan jaminan pendidikan dan jaminan sosial bagi yang kurang mampu, semoga dengan penyempurnaan ini Bekasi menjadi lebih maju. (Dhy)
Oma Wice Senang Ada Posko Kesehatan Gratis Relawan Nur-Firdaus Reviewed by Erwyn Kurniawan on 10:34 PM Rating: 5

No comments:

Copyright © 2018. Blog PKS. All Rights Reserved
Blog ini dikelola oleh Relawan Literasi - Humas PKS

.

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.