Header Ads

Amalan Pembuka Pintu Rezeki (Bagian 3)



Oleh: Irwan Prayitno
Gubernur Sumatera Barat

Setelah di bagian pertama dan kedua, yang saya sampaikan pada 1 Ramadhan, amalan pembuka pintu rezeki adalah Istighfar dan Silaturrahim, maka amalan ketiga sebagai pengetuk Pintu Rezeki dari Allah adalah SEDEKAH.

Ya, sedekah. Kita menginginkan aliran rezeki dari Allah, maka Allah meminta kita untuk alirkan rezeki kita dahulu dengan ikhlas, di jalan Allah. Mungkin terlintas di pikiran kita, kalau harta yang kita miliki pun tidak mencukupi untuk kebutuhan kita sendiri, bagaimana bisa bersedekah. Yaa ayyuhal muslimin, itulah rahasia dalam matematikanya ALLAH. besar atau sedikitnya sedekah bukan ukuran bagi Allah, yang menjadi ukuran hanya satu, KEIKHLASAN. Yang mampu bersedekah sedikit, sedekahkanlah, yang mampu bersedekah banyak, bersedekahlah yang banyak. Allah mampu menilai bisikan hati kita, manakala kita bersikap kikir.

Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman,

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ

“Sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim no. 2558, dari Abu Hurairah)

Dari Asma’ binti Abi Bakr, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda padaku,

لاَ تُوكِي فَيُوكى عَلَيْكِ

“Janganlah engkau menyimpan harta (tanpa mensedekahkannya). Jika tidak, maka Allah akan menahan rizki untukmu.”

Dalam riwayat lain disebutkan,

أنفقي أَوِ انْفَحِي ، أَوْ انْضَحِي ، وَلاَ تُحصي فَيُحْصِي اللهُ عَلَيْكِ ، وَلاَ تُوعي فَيُوعي اللهُ عَلَيْكِ

“Infaqkanlah hartamu. Janganlah engkau menghitung-hitungnya (menyimpan tanpa mau mensedekahkan). Jika tidak, maka Allah akan menghilangkan barokah rizki tersebut. Janganlah menghalangi anugerah Allah untukmu. Jika tidak, maka Allah akan menahan anugerah dan kemurahan untukmu.”

Jadi, bapak dan ibu sekalian, janji Allah dan RasulNYA sudah jelas. Dan Allah adalah Sebaik-baik Pemberi Janji. Tak ada alasan bagi kita untuk tidak percaya, dan kemudian tidak bersedekah. Mulai dari sekarang, ulurkanlah sedekah anda, dan berdoalah dengan tulus atas manfaat yang akan didapat oleh si penerima sedekah. Doa seorang muslim kepada muslim lainnya, itulah yang akan Allah ijabah pula kepada si pemberi doa.

Wallahu a'lam bishshawaab
=====================================

Materi ceramah ini bisa disimak di Youtube link:
https://www.youtube.com/watch?v=D3QQzEe__fs

Lebih lengkap dengan ceramah saya, bisa disimak di Youtube Channel saya :
https://www.youtube.com/channel/UCGqEXhMnrrMokTHYt_0XMhw

No comments:

Powered by Blogger.